AN ANALYSIS OF CONVERSATIONAL STRUCTURE BETWEEN CUSTOMER SERVICE AND CUSTOMER AT BANK KESEJAHTERAAN PADANG

Vika Fitri(1), Hamzah Hamzah(2), Delvi Wahyuni(3),
(1) English Department, FBS, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) English Department, FBS, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) English Department, FBS, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-Journal English Language and Literature

DOI : https://doi.org/10.24036/ell.v6i1.8548

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur dari struktur percakapan yang terjadi antara customer service dan pelanggan di Bank Kesejahteraan padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data penelitian ini adalah percakapan antara customer service dan pelanggan di Bank Kesejahteraan Padang yang berjumlah 20 percakapan. 20 percakapan tersebut terdiri dari empat percakapan membuat buku tabungan, tujuh percakapan tentang keluhan, lima percakapan menganti buku tabungan dan empat percakapan mengganti pin ATM. 

Data ini dianalisis berdasarkan teori Nanthakanok (2013). Temuan ini menunjukan bahwa struktur percakapan dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu pembuka (opening), isi (body) dan penutup (closing). Di dalam pembuka terdapat dua unsur, yaitu 1) sambutan atau sapaan (greeting) dan 2) bertanya (asking question), di bagian isi juga terdapat dua unsur, yaitu 1) menyatakan tujuan berkunjung atau datang (stating the purpose of visiting) dan 2) menjelaskan dan mengambarkan proses dan prosedurnya (explaining and describing the process and procedure) dan di bagian penutup terdapat dua unsur, yaitu 1) membuat janji untuk pertemuan selanjutnya (making an appointment for the next meeting) dan 2) mengucapkan terima kasih (saying Thanking). Di samping itu, temuan ini juga menunjukan bahwa ungkapan yang digunakan peserta dalam percakapan tersebut adalah formal seperti selamat pagi (good morning), selamat siang (good afternoon), ada yang bisa saya bantu (can I help you), terima kasih (thank you) dan terima kasih sudah datang (thank you for the visiting).  Dengan demikian percakapan antara customer service dan pelanggan di Bank Kesejateraan padang terstruktur karena hampir semua percakapan memiliki unsur-unsur yang sama. 


Keywords


percakapan, analisis percakapan, struktur percakapan

References


Dornyei, Z., & Thurrell, S. (1994). Teaching Conversational Skills Intensively: Course and Rationale. ELT Journal,48(1), 40-49.

Febrian W, Hamzah, Muhd. Al Hafizh. (2012). The Analysis of Persuasive Discourse Produced by Telkomsel Personal Representatives in offering Products to Customers. In E-Journal English Language and Literature. Vol 1, No 1 (2012): SERIE : C page 1-12. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/ell/article/view/1837/1574 On January, 20th 2017.

Heritage, John.(2013). Language and Social Institutions: The Conversation Analytic View. Journal of Foreign Language. 30(4), 2-27.

Nanthakanok, Kornchanok. (2013). An analysis of Conversational Structures between Local Government Officials and Ethnic People. Journal of Language and Culture. 32(1), 94-126.

Yang, Xiaomei. (2009). Conversation Strategies in Institutional Dialogue. Journal of Asian Social Science. 5(7), 108-112.

Goutsos, Dionysis. 2005. The Interaction of Generic Structure and Interprsonal Relations in Two-Party e-Chat Discourse. Language@internet, 2 (3).

Kothari, C.R.(2004). Research Methodology: Methods and Techniques. New Age International (P) Limited: New Delhi


Article Metrics

 Abstract Views : 648 times
 PDF Downloaded : 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal English Language and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.