AN ANALYSIS OF THE FIRST WORDS PRODUCED BY AN INFANT OF FOURTEEN MONTH IN TWO MONTH OBSERVATION

Alfi Gusfila(1), M. Zaim(2), Delvi Wahyuni(3),
(1) English Department, FBS, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) English Department, FBS, Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) English Department, FBS, Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-Journal English Language and Literature

DOI : https://doi.org/10.24036/ell.v6i1.8543

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah dan mengelompokan jumlah kata pertama yang diproduksi, aturan ponologi, dan kelas kata yang paling banyak yang muncul dalam ujaran pertama bayi dalam percakapan sehari hari selama dua bulan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode ini digunakan untuk menghitung, mengelompokan dan menganalisis data yang didapat berdasarkan keadaan yang sebenarnya. Sumber dari penelitian ini adalah kata-kata yang memiliki arti yang muncul dalam ujaran-ujaran yang diproduksi bayi dalam percakapan sehari-hari secara natural. Data diperoleh dengan cara merekam 120 percakapan pada saat bayi berinteraksi dengan yang lain. Data tersebut kemudian dianalisis dengan teori pemerolehan bahasa pertama. Untuk menemukan kata yang diproduksi, pola ponologi, dan kelas kata yang paling banyak diproduksi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa selama dua bulan penelitian bayi memproduksi 87 kata dengan 37 makna sebenarnya. Didalam kata yang di produksi ini terdapat proses penghapusan, penambahan, pengulangan dan penyederhanaan kata. Penelitian ini juga menunjukan bahwa kata yang diproduksi bayi terbagi atas tiga kategori, yaitu satu kata dengan satu pola, satu kata dengan dua pola dan satu kata dengan tiga pola. Terakhir, penelitian ini juga menunjukan bahwa kelas kata yang paling banyak diproduksi bayi yaitu noun.

 


Keywords


pemerolehan bahasa pertama, bayi, kata pertama, pola ponologi, dan kelas kata.

References


Bernthal, et al. 2009. Articulation and Phonological Disorders, Speech Sound

Disorder in Children. Boston: Pearson.

Gay, L.R. 1981. Educational Research. Ohio: Merril Publishing Company.

Harley, Trevor. 2001. The Psychology of Language, 2nd ed. Hove and New York:

Psychology Press.

Hoff, Erika. 2005. Language Development, 3rded. New York: Thomson

Wadsworth.

Hutabarat Mastaria, M. Zaim, and Rusdi Noor Rosa. 2012. The Analysis Of Utterances Produced By 3 And 4 Years Old Children. In E-Journal English Language and Literature. Vol 1, No 1 (2012) SERIE A page 1-10. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/ell/article/view/1816/1554 On January, 20th 2017.

Refnaldi. 2008. Phonetics and phonology an Introductory Course Book. Padang:

UNP Press


Article Metrics

 Abstract Views : 208 times
 PDF Downloaded : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal English Language and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.