THE IMPACT OF CONSUMERISM IN “CONSUMER BY CELINE CHARCOAL, CONSUMER, MERELY ANOTHER GOD BY ROSS DIX PEEK, AND A SAD TALE OF CONSUMERISM BY MICHAEL SHEPHERD

Yudha Oka Pratama, An Fauzia Rozani Syafei (p: 297-307)(1),
(1)  

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/ell.v2i1.2420

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisa sejauh mana ketiga puisi ini  merefleksikan dampak dari consumerisme,  (2) menunjukkan kontribusi elemen puisi (speker, tone, metafora) dalam mengungkap dampak consumerisme dala puisi ini. Data penelitian ini adalah teks tertulis yang dikutip dari ketiga puisi tersebut. Kutipan teks tersebut kemudian diinterpretasi dan dianalisa berdasarkan teori budaya consumer  yang dikemukakan oleh Wilkie dan teori prilaku dari budaya consumer yang dirumuskan oleh Scihffman dan Kanuk . Hasil analisa menunjukkan bahwa budaya consumerisme tersebut memberikan dampak terhadap kehidupan manusia. Dampak tersebut yaitu mengubah pola pikir manusia dan mengubah gaya hidup manusia.

 

Key words: Konsumerisme, consumptive, budaya consumer.


Article Metrics

 Abstract Views : 292 times
 PDF Downloaded : 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)