Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan perubahan secara fonologi yang terjadi di dialek standar Minangkabau dengan dialek Padang area Kuranji dengan menitik beratkan pada perubahan bunyi pada sebuah kata. Perubahan bunyi tersebut akan diklasifikasikan berdasarkan tipe perubahan yang ada. Penelitian ini juga menentukan aturan perubahan bunyi pada kedua dialek tersebut

Penelitian ini menggunakan metode perbandingan yang membandingkan perubahan bunyi sebuah kata yang ada pada dialek standar Minangkabau dengan dialek Padang area Kuranji, sehingga dapat diketahui tipe perubahan bunyi apa saja yang di temukan pada dialek standar Minangkabau dengan dialek Padang area Kuranji.

Tipe perubahan bunyi yang ditemukan setelah membandingkan dialek standar Minangkabau dengan dialek Padang area Kuranji dua tipe, yaitu loss/deletion, dan epenthesis. Dari kedua tipe perubahan bunyi yang ditemukan, loss/deletion lebih mendominasi yang lainnya. Sedangkan untuk aturan perubahan bunyi, terdapat enam  aturan. Aturan tersebut juga diklasifikasikan berdasarkan dua tipe perubahan bunyi. Lima aturan perubahan terdapat pada loss/deletion dan satu aturan perubahan pada epenthesis.

Kata Kunci : Comparison, Sound changes, Loss/deletion, Epenthesis