TYPES OF ILLOCUTIONARY ACT USED IN SLOGAN OF HOME APPLIANCE ADVERTISEMENT
(1)  
Corresponding Author
Copyright (c)
DOI : https://doi.org/10.24036/ell.v2i1.2413
Full Text: Language : en
Abstract
Tujuanpenelitianinimenganalisajenis-jenistindaktuturilokusi yang terdapatpada slogan iklanperalatanrumahtangga. Bahasaiklantidaklahsamadenganbahasa yang kitagunakandalamkehidupansehari-hari. Dalammakalahinipenulismenggunakanteori yang dikemukakanoleh Yule dalammengidentifikasidanmenganalisisjenis-jenistindaktuturilokusi yang digunakan di dalam sloganperalatanrumahtangga.Penulismengumpulkan data sebanyak 150 slogan iklanperalatanrumahtanggadariiklan di televisi, majalahdanbilboard.Sebanyak 31 data dariiklantelevisi, 60 data darimajalahdan 14 data daribilboard. Dari hasilanalisis slogan peralatanrumahtangga di iklan TV, majalahdanbilboardpenulismenyimpulkanbahwatipetindaktuturilokusi yang paling banyakdigunakanadalahrepresentatif, karenadalam slogan iklanperalatanrumahtanggapenuturlebihseringmenyatakaninformasidanmenjelaskankebenaranproduk.
Kata Kunci : Illocutionary act, Slogan, Home Appliance Advertisement
Article Metrics
Abstract Views : 241 timesPDF Downloaded : 114 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)