A STUDY OF LEXICAL COMPARISON BETWEEN LABUAH SUB DIALECT OF MINANGKABAU AND STANDARD MINANGKABAUNESE

Revie Yandra, Refnaldi (p: 185-197)(1),
(1)  

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/ell.v2i1.2409

Full Text:    Language : en

Abstract


Kajian dalam penelitian ini untuk (1) mengidentifikasi perbedaan kosa kata antara bahasa dialek minangkabau di daerah Labuah yang berada di kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dan bahasa standard Minangkabau sebagai bahasa dialek standar di Provinsi Sumatera Barat (2) mengidentifikasi jenis-jenis perbedaan kosa kata yang digunakan oleh masyarakat Labuah dalam berkomunikasi satu sama lainya

Dalam makalah ini penulis menggunakan metode deskriptif, dalam hal ini memungkinkan untuk membandingkan antara dua dialek sehingga ditemukan perbedaan, persamaan kosa kata dengan makna yang berbeda, serta keunikan perubahan kosa kata.

Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis menggunakan 150 sampel data guna melihat perbedaan bentuk-bentuk apa saja yang terjadi dalam sub dialek di desa Labuah. Dari 150 sampel tersebut penulis menemukan sub dialek di desa Labuah ini cendrung tidak menggunakan fonem / a / di awal dan di akhir kata kecuali kata pinjaman, dan bunyi / uah / pada akhir kata. Fonem / a / tersebut cendrung di ganti dengan / o /, dan / oa / bunyi / uah / di ganti dengan bunyi / ue /.

Dari makalah ini juga, penulis mengharapkan bahwa makalah ini dapat bermanfaat baik itu dalam pembelajaran sebagai tambahan ilmu dalam mempelajari Dialectology khususnya language variety.

Key Words: Lexical Comparison. Labuah sub dialect and standard Minangkabaunese


Article Metrics

 Abstract Views : 279 times
 PDF Downloaded : 504 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)