TYPES OF SEMANTIC AMBIGUITY FOUND IN THE EDITORIALS OF JAKARTA POST DAILY NEWSPAPER
(1)  
Corresponding Author
Copyright (c)
DOI : https://doi.org/10.24036/ell.v2i1.2394
Full Text: Language : en
Abstract
Ambigu merupakan fenomena dalam penggunaan bahasa yang merujuk kepada suatu kata atau ungkapan yang memiliki makna lebih dari satu. Makalah ini bertujuan untuk menemukan jenis-jenis ambigu yang terdapat di dalam tajuk (editorial) pada surat kabar harian The Jakarta Post. Data penelitian ini diambil dari tajuk yang terdapat pada 10 edisi surat kabar The Jakarta Post yang diterbitkan pada bulan November dan Desember 2012. Dari 10 edisi tersebut, diperoleh 113 penggunaan ambigu yang terbagi kepada ambigu leksikal (kata) dan ambigu struktural (frase atau kalimat). Pengelompokan ambigu kepada leksikal dan struktural merujuk kepada teori jenis ambigu yang dikembangkan oleh Kent Bach (2009). Dari hasil analisis data, ditemukan bahwa ambigu berjenis struktural lebih sering digunakan dengan frekuensi 60 kali (53,10%). Sementara itu ambigu leksikal digunakan sebanyak 53 kali (46,90%). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ambigu yang terdapat dalam tajuk surat kabar The Jakarta Post lebih sering disebabkan oleh penyusunan kata-kata dalam frase atau kalimat yang berpotensi menyebabkan interpretasi ganda dari pembaca.
Kata Kunci: Ambiguity, lexical ambiguity, structural ambiguity, newspaper editorial
Article Metrics
Abstract Views : 896 timesPDF Downloaded : 341 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)