The Analysis of Persuasive Discourse Produced by Telkomsel Personal Representatives in offering Products to Customers

Wingga Febrian, Hamzah, Muhd.Al-Hafizh(1),
(1)  

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/ell.v1i1.1837

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan Generic
Structure atau pola interaksi yang terjadi antara TPR dan pelanggan dan (2)
Lexicogrammatical Features sebagai kata-kata persuasif yang digunakan oleh
TPR dalam menawarkan produk kepada pelanggan. Subjek yang diteliti adalah
TPR atau disebut juga dengan Telkomsel Personal Representative. Interaksi
percakapan yang dihasilkan oleh TPR dan pelanggan dianalisis dalam bentuk teks
dan sekaligus menjadi data dari penelitian ini. Metode yang digunakan untuk
menemukan Generic Structure dianalisis menggunakan teori GSP (Generic
Sturcture Potential) oleh Hasan dan Haliday (1978). Sementara itu
Lexicogrammatical Features sebagai kata-kata persuasif dengan menggunakan
teori Johnson and Cluff (1999). Hasil penelitian menunjukan bahwa semua
elemen Generic Structure Potential ditemukan dari seluruh interaksi percakapan:
G, SI, SP, SIR, NSIR, SR, SC, SE, S, P, PC, and F. Dan klasifikasi
Lexicogrammatical Features secara umum kata-kata persuasif ditemukan dalam
salah satu elemen dari Generic Structure, yaitu SP (Sale Persuasion). Dan Generic
Structure yang dihasilkan oleh TPR dan pelanggan secara umum adalah
Key words: persuasive, generic structure, lexicogrammatical, TPR.
Kata Kunci: persuasif, pola umum, lexicogramatikal, TPR.

Article Metrics

 Abstract Views : 301 times
 PDF Downloaded : 123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)