AN ANALYSIS OF TYPES OF FIGURATIVE LANGUAGE USED IN INTERNET ADVERTISEMENTS

Ratna Yuri. A, Rusdi Noor Rosa (p:72-78)(1),
(1)  

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/ell.v1i3.1807

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui jenis majas apa saja yang paling banyak digunakan oleh para pengiklan untuk mempromosikan produk mereka. (2) persamaan dan perbedaan dari penggunaan majas pada produk pria dan wanita. Dalam penelitian ini, penulis mengelompokkan produk-produk yang digunakan oleh pria dan wanita. Hal ini dimaksudkan agar pembaca dapat mengetahui jenis majas apa saja yang paling banyak digunakan dalam masing-masing produk yang digunakan oleh pria dan wanita. Dalam menganalisis tentang tipe-tipe majas, penulis hanya fokus pada 4 (empat) tipe majas, antara lain: personifikasi, metafor, hiperbola, dan simile. Dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik mencatat (note-taking technique). Penulis mengumpulkan data dari iklan yang diterbitkan di internet. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa personifikasi merupakan jenis majas yang paling sering digunakan dalam iklan baik untuk pria (50%) dan wanita (44%).

Kata kunci:   majas, iklan di internet, personifikasi, metafor,

hiperbola, simile


Article Metrics

 Abstract Views : 2305 times
 PDF Downloaded : 3298 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)