- Home
- Vol 2, No 2 (2013)
- fitri
IMPLEMENTASI CD INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS VIII SMPN 34 PADANG
yulisa yul fitri
(1),
(1) IMPLEMENTASI CD INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI
DI KELAS VIII SMPN 34 PADANG 
 Indonesia
Corresponding Author
DOI :
https://doi.org/10.24036/et.v2i2.3040
Full Text:
Language : en
Abstract
Kecenderungan perubahan dan inovasi dalam dunia pendidikan mempermudah guru mencari media dan sumber belajar salah satunya dengan menggunakan CD interaktif sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi CD interaktif sebagai media pembelajaran IPA terpadu pada mata pelajaran biologi di kelas VIII SMPN 34 Padang. Implementasi CD interaktif pada mata pelajaran biologi kelas VIII SMPN 34 Padang sudah baik tetapi masih belum maksimal karena terbatasnya CD interaktif dan guru hanya menggunakan nya saat materi aplikatif saja. Tidak semua materi dapat diajarkan dengan menggunakan CD interaktif sebagai media pembelajaran IPA terpadu pada mata pelajaran biologi di kelas VIII SMPN 34 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMPN 34 Padang yang berjumlah 224 orang. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling, yaitu kelas VIII sebanyak 69 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi langsung, dengan alat pengumpul data yaitu lembaran pedoman observasi dan kuesioner berupa angket, dan menghitung dengan rumus presentase. Hasil penelitian menujukan bahwa implementasi CD interaktif di SMPN 34 Padang, sudah terlaksana cukup baik. Sarana dan prasarana sudah memadai, tetapi tidak semua materi menggunakan CD interaktif karena tidak semua materi cocok menggunakan media ini. Guru hanya dapat menggunakan media CD pada materi yang bersifat aplikatif saja. Dengan menggunakan CD interaktif siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan, karena di dalam CD interaktif tidak hanya berupa penyampaian materi saja akan tetapi terdapat latihan, penjelasan, video, dan audio, yang membuat pembelajaran lebih bervariasi.
References
Riduwan.(2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel penelitian. Bandung: Alfabeta
.(2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-guru dan Karyawan. Bandung: Alfabeta
Rusman,dkk,2011, Pembelajaran Berbasis Teknolgi Informasi dan Komunikasi,Jakarta:rajawali pers
.(2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer.Bandung: Alfabeta
Subagyo. J.(2006). Metode Penelitian: Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudjana Nana.2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
.2012.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Suharsimi Arikunto.2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta
Article Metrics
Abstract Views : 338 times
PDF Downloaded : 129 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.