PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Diana Besni Besni(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v2i2.1409

Abstract


Abstrak: Siswa di SMP khususnya pada SMP Negeri 1 Batipuh mempunyai
perhatian yang kurang terhadap pelajaran, salah satu yang menjadi penyebab
karena guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik dalam proses
pembelajaran terutama mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK). Agar perhatian siswa terfokus pada materi pelajaran, maka digunakan
media video pembelajaran. Sejauh mana pengaruh penggunakan video
pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, maka dilakukan penelitian. Penelitian
ini dilakukan dalam bentuk kuantitatif kuasi eksperimen dengan melaksanakan
pembelajaran menggunakan video pembelajaran pada kelas eksperimen dan
pembelajaran biasa/konvensional pada kelas kontrol. Penelitian dilakukan Di SMP
Negeri 1 Batipuh, kelas VIII.1 dijadikan kelas eksperimen diperoleh nilai rata- rata
82, sedangkan untuk kelas VIII.2 yang jadikan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 68. Ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran memberikan pengaruh
yang berarti terhadap hasil belajar siswa, karena terdapat perbedaan yang
signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga penggunaan video
pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran TIK Kelas VIII SMP Negeri 1 Batipuh

Article Metrics

 Abstract Views : 936 times

Refbacks