The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


SMK Negeri 10 Bungo, terdapat beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu (1) guru mengalami kesulitan untuk menyampaikan mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi tanpa media pendukung, (2) setelah pembelajaran berlangsung cukup lama sebagian siswa mulai tidak fokus  dalam pembelajaran dan tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar dengan mengobrol bersama temannya. tujuan dari penelitian ini menghasilkan platform e-learning berbasis moodle sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi dan mengetahui tingkat validitas dan pratikalitas e-learning berbasis moodle. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini dilakukan merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan memiliki tujuan mengembangkan produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development R&D). adalah metode penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan produk-produk tertentu serta menguji validasi dan keeatifitas produk tersebut dalam penerapannya. Pengembangan platform elearning Berbasis Moodle pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi mempunyai 5 tahap yaitu, (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Pada Uji Validitas Platform Elearning  berbasis Moodle pada SMK Negeri 10 bungo , menyatakan bahwa Platform Elearning berbasis Moodle valid yaitu validitas media 0,851% dan validitas materi 0,851%. Uji Praktikalitas Platform Elearning berbasis Moodle pada SMK Negeri 10 Bungo, menyatakan bahwa Platform ELearning berbasis Moodle praktis yaitu praktikalitas guru 75,56% dan praktikalitas siswa 83,629%.