Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis

Diah Agustrian(1), Faiza Rini(2), Thomson Mary(3),
(1) Universitas PGRI Sumatera Barat 
(2) Universitas PGRI Sumatera Barat 
(3)  

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v10i2.118676

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran di SMK Negeri 6 Mukomuko pada mata pelajaran Desain Grafis Dasar dalam proses pembelajarannya masih menggunakan metode dikte, dan tingkat pemahaman siswa yang masih kurang. Pemanfaatan pengembangan media ini dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Model yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Media Pengembangan ini menggunakan validasi ahli media dan ahli materi, serta kepraktisan guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran desain grafis dasar dapat memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan dapat digunakan dimana saja.

 


References


Arisantoso, Mochamad Sanwasih, and Moh. Reza Pahlevi. 2017. “Penerapan Aplikasi Pengamanan Data

/ File Dengan Metode Enkripsi Dan Dekripsi Algoritma 3Des.” : 43–48.

Hanafi. 2017. “Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan.” Jurnal Kajian Keislaman 4(2): 129–50. http://www.aftanalisis.com.

Istiqlal, Muhammad. 2017. “Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika.”

JIPMat 2(1).

Palelupu, Davik Neo, and Mochamad Cholik. 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS5 Pada Mata Diklat Gambar Teknik Di Kelas X TPM SMK Krian 1 Sidoarjo.” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 3(2): 10–19.

Rohayati, Yeye, I.K Budaya Astra, and I Gede Suwiwa. 2019. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Materi Kesehatan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Rekreasi.” Jurnal IKA 16(1): 33.


Article Metrics

 Abstract Views : 214 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.