Implementasi Layanan BK dalam Program Pendidikan Karakter di SDIT Adzkia 1 Padang

Zaturrahmi Zaturrahmi(1), Mudjiran Mudjiran(2), Neviyarni Neviyarni(3), Herman Nirwana(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v8i1.109059

Full Text:    Language : en

Abstract


 

Layanan Bimbingan dan Konseling merupakan hal yang sangat penting dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD). Layanan Bimbingan dan Konseling di SDIT Adzkia 1 Padang, dilaksanakan dengan mengintegrasikan program yang dinamakan pendidikan karakter. Program pendidikan karakter ini mencakup 10 karakter yang dibentuk pada setiap siswa di SDIT Adzkia 1 Padang. Program ini terintegrasi pada seluruh mata pelajaran dan mencakup seluruh lini yang ada di sekolah. Dalam pelaksanaannya, pendidikan karakter diterapkan melalui 4 pendekatan, yaitu pendekatan keteladanan, pendekatan pembiasaan, pendekatan nasehat dan pendekatan reward and punishment. Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Program Pendidikan Karakter di SDIT Adzkia 1 telah terdifusi ke dalam proses pembelajaran dan terintegrasi juga dengan pendidikan karakter. Guru kelas telah berfungsi sebagai guru BK/konselor. Namun masih terdapat keterbatasan dalam penerapan layanan BK di SDIT Adzkia 1 Padang. Untuk layanan konseling kelompok serta bimbingan kelompok belum bisa terlaksana di SDIT Adzkia 1 Padang.

 

Keywords: Layanan BK, Sekolah Dasar, Pendidikan Karakter


References


Ahmad, R. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. UNP Press.

Asmani, J. M. (2012). Kiat Mengatasi Kenakalan di Sekolah.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Taujih, 3(4), 447–452. https://www.ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/511

Creswell, J. W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions.

DepartemenAgama. (2015). Al-Quran Terjemahan. CV. Darus Sunnah.

Geldard, K. (2009). Konseling Remaja. Pustaka Belajar.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Alfabeta.

Humas, & Adzkia. (2017). Buku Saku Adzkia.

Prayitno. (1999). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Gramedia.

Prayitno dan Amti, Erman. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.

Siregar, Z. (2014). 10 Karakter STKIP Adzkia. Adzkia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta


Article Metrics

 Abstract Views : 754 times
 PDF Downloaded : 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.