LINGKUNGAN BELAJAR SEBAGAI PENGELOLAAN KELAS: SEBUAH KAJIAN LITERATUR
(1) STKIP Adzkia  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/et.v7i2.107071
Full Text: Language : id
Abstract
Lingkungan belajar adalah semua kondisi yang mempengaruhi tingkah laku subjek yang terlibat didalam pembelajaran, terutama guru dan peserta didik sebagai ujung tombak proses pembelajaran disekolah. Lingkungan belajar yang kondusif sangat mempengaruhi proses tumbuh kembangnyakualitas guru dan peserta didik yang ada di sekolah. Pengelolaan kelas merupakan sebuah upayauntuk mewujudkan suatu kondisi proses atau kegiatan belajar mengajar yang efektif. Pengelolaankelas merupakan salah satu upaya untuk menciptakan lingkungan kelas yang kondusif. Kelaskondusif dimaksudkan agar proses pembelajaran dapat menjadi lebih terkontrol dan memberikanrasa nyaman bagi siswa dari sisi psikologis dan kesiapan siswa dalam belajar. Banyak faktor yangmenyebabkan kelas menjadi tidak kondusif. Solusi mengatasi persoalan kelas tidak kondusif dapatdilakukan dengan mengatur settingan kelas, menentukan strategi, gaya komunikasi termasukmemahami psikologis siswa dalam proses belajar.
References
Bolla, John I and Joni, T. (1985). Keterampilan Mengelola Kelas.
Djamarah, S. B. (2002). Psikologi belajar.
Entang, M and Joni, T. (1985). Pengelolaan Kelas.
Good, Thomas L and Lavigne, A. L. (2017). Looking in classrooms.
Harjali, H. (2017). Strategi Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Kondusif: Studi
Fenomenologi pada Kelas-kelas Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran (JPP), 23, 010–019.
Isbadrianingtyas, Nafi and Hasanah, Muakibatul and Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas dalam
Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1, 901–
Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6300
Maman, R. (1998). Manajemen Kelas. Jakarta: Depdikbud
Rofiq, A. (2009). Pengelolaan kelas. Malang: Direktorat Jendral PMPTK.
Sanjaya, W. (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Cetakan Ke-2.
Santrock, J. W. (2008). Educational psychology.
Usman, M. U. (2002). Menjadi guru profesional.
Widyaningtyas, Anisa and Radiyono, Y. and others. (2013). Peran lingkungan belajar dan kesiapan belajar
terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pati. Jurnal Pendidikan
Fisika, 1, 136–143.
Zaturrahmi, Zaturrahmi and Hamdi, Hamdi and Ratnawulan, R. (2017). PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS PROYEK MEMBUAT ALAT
EKSPERIMEN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN
KOMPETENSI FISIKA SISWA DI KELAS XI TKR SMK ADZKIA PADANG. Gravity: Jurnal
Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 3. Retrieved from
http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Gravity/article/view/3207/2016
Article Metrics
Abstract Views : 35077 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 3772 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.