PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASISIS FLIPPBOOK PADA MATA KULIAH TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI JURUSAN KTP FIP UNP
(1)  
(2)  
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/et.v7i1.104208
Abstract
Belumimaksimalnyaipenggunaanimediaipembelajaranipadaimataikuliahiteoriibelajaridanipembelajaranimembuatipembelajaranibelumiberlangsungiefektif.iPenelitianiiniitidakimampuimembuatimahasiswaibelajarimandiri.iJenisipenelitianiyangidiigunakanidalamipenelitianiiniiyaituiResearchiandiDevelopmenti(R&D)idalamipenelitianiadaiiniiadai3iyaituivaliditas,praktikalitasidaniefektivitas.iidiilakukan pada 30 orangimahasiwa/i dan pada tahap efektivitas juga dilakukan pada 30 orang mahasiswa/i jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP, uji kepraktisan media ini menggunakan aplikasi Kvisoft Filppbook Maker. Penilaian oleh validatorimedia dan validator materi, hasil “SangatValid”untuk digunakan dengan jumlah skor i79 dengan rentangan 81-100%. Hasil validasi penilaianiolehiduaiorangiahliimediaijugaidikategorikani“SangatiValid”iuntukidigunakanidengan jumlahiskor 79 dengan rentangan 81-100%. Hasil analisis uji coba efektivitasiberdasarkan hasil t-test dan posttest dari 30 mahasiswa dapat disimpulkan bahwa terjadi perubahan yang signifikan berdasarkan thitung sebesar 12.43danttabel sebesar 2,045. Selanjutnya, Berdasarkan uji coba untuk praktikalitas produk media buku digital berada pada kategorii “Sangat Praktis”untuk digunakan dengan total jumlah skor 3000 yang penulis dapatkan sebesar 2603. Jadi, berdasarkan hasil uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas dapatidisimpulkan bahwa produk media buku digital ini telah valid, praktis dan efektif untuk digunakan.
Article Metrics
Abstract Views : 143 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.