SYINTAK PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI DI KOTA PADANG

Abna Hidayati(1), Alwen Bentri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2)  

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v6i2.103861

Abstract


Pengembangan video pembelajaran karakter bagi anak usia dini di Kota Padang akan
berlangsung efektif jika disesuaikan dengan sintax atau urutan pembelajaran. Dalam hal ini
penggunaan metode pembelajaran kooperatif menjadi penting. Penelitian ini bertujuan untuk
menemukan syntaks pembelajaran menggunakan video pembelajaran karakter bagi anak usia
dini di Kota Padang.
Penelitian  ini  menggunakan  model  pengembangan  Addie  dengan  tahapan  desain,
pengembangan, development, implementasi dan evaluasi. Pada bagian ini dibahas mengenai
syntaks pembelajaran menggunakan media video pendidikan karakter bagi anak usia dini.
Syntaks  ini  divalidasi  oleh  pakar  dari  media  pembelajaran  dan  anak  usia  dini.  Syntaks
pembelajaran telah diberikan masukan oleh praktisi pendidikan yakni guru pada lembaga
Paud di Kota Padang.
Adapun hasil penelitian berupa urutan pembelajaran (syntaks) pada anak usia dini
yakni diadopsi dari model ICARE atau Introduction, Connection, Application, Reflection dan
Extension yang dikembangkan oleh Bob Hoffman (1997) sebagai berikut, 1) Introduction
dilakukan dengan mengenalkan nilai nilai karakter dengan membentuk skemata anak tentang
nilai  karakter, 2) Connection dilakukan  dengan menghubungkan aktivitas yang dilakukan
dengan implementasi nilai karakter melalui video pembelajaran, 3) Application dilakukan
dengan  cara  menerapkan  nilai  karakter  yang  diperoleh  melalui  video  pembelajaran  dan
membahasnya  bersama  anak  tentang  implementasinya.  Berikutnya  tahap  4)  Reflection
dilakukan dengan merefleksikan aktivitas penanaman nilai karakter yang dilakukan dan tidak
dilakukan, 5) Extention dilakukan dengan memberikan tantangan lebih luas kepada peserta
didik  untuk  mengoptimalkan  implementasi  nilai  karakter. Setelah  adanya  hasil  penelitian
disarankan  guru  mengoptimalkan  pembelajaran  karakter  melalui  impelementasi  video
pembelajaran dengan menerapkan syntak yang ditetapkan.

Article Metrics

 Abstract Views : 383 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.