SYINTAK PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI DI KOTA PADANG
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2)  
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/et.v6i2.103861
Abstract
Pengembangan video pembelajaran karakter bagi anak usia dini di Kota Padang akan
berlangsung efektif jika disesuaikan dengan sintax atau urutan pembelajaran. Dalam hal ini
penggunaan metode pembelajaran kooperatif menjadi penting. Penelitian ini bertujuan untuk
menemukan syntaks pembelajaran menggunakan video pembelajaran karakter bagi anak usia
dini di Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Addie dengan tahapan desain,
pengembangan, development, implementasi dan evaluasi. Pada bagian ini dibahas mengenai
syntaks pembelajaran menggunakan media video pendidikan karakter bagi anak usia dini.
Syntaks ini divalidasi oleh pakar dari media pembelajaran dan anak usia dini. Syntaks
pembelajaran telah diberikan masukan oleh praktisi pendidikan yakni guru pada lembaga
Paud di Kota Padang.
Adapun hasil penelitian berupa urutan pembelajaran (syntaks) pada anak usia dini
yakni diadopsi dari model ICARE atau Introduction, Connection, Application, Reflection dan
Extension yang dikembangkan oleh Bob Hoffman (1997) sebagai berikut, 1) Introduction
dilakukan dengan mengenalkan nilai nilai karakter dengan membentuk skemata anak tentang
nilai karakter, 2) Connection dilakukan dengan menghubungkan aktivitas yang dilakukan
dengan implementasi nilai karakter melalui video pembelajaran, 3) Application dilakukan
dengan cara menerapkan nilai karakter yang diperoleh melalui video pembelajaran dan
membahasnya bersama anak tentang implementasinya. Berikutnya tahap 4) Reflection
dilakukan dengan merefleksikan aktivitas penanaman nilai karakter yang dilakukan dan tidak
dilakukan, 5) Extention dilakukan dengan memberikan tantangan lebih luas kepada peserta
didik untuk mengoptimalkan implementasi nilai karakter. Setelah adanya hasil penelitian
disarankan guru mengoptimalkan pembelajaran karakter melalui impelementasi video
pembelajaran dengan menerapkan syntak yang ditetapkan.
berlangsung efektif jika disesuaikan dengan sintax atau urutan pembelajaran. Dalam hal ini
penggunaan metode pembelajaran kooperatif menjadi penting. Penelitian ini bertujuan untuk
menemukan syntaks pembelajaran menggunakan video pembelajaran karakter bagi anak usia
dini di Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Addie dengan tahapan desain,
pengembangan, development, implementasi dan evaluasi. Pada bagian ini dibahas mengenai
syntaks pembelajaran menggunakan media video pendidikan karakter bagi anak usia dini.
Syntaks ini divalidasi oleh pakar dari media pembelajaran dan anak usia dini. Syntaks
pembelajaran telah diberikan masukan oleh praktisi pendidikan yakni guru pada lembaga
Paud di Kota Padang.
Adapun hasil penelitian berupa urutan pembelajaran (syntaks) pada anak usia dini
yakni diadopsi dari model ICARE atau Introduction, Connection, Application, Reflection dan
Extension yang dikembangkan oleh Bob Hoffman (1997) sebagai berikut, 1) Introduction
dilakukan dengan mengenalkan nilai nilai karakter dengan membentuk skemata anak tentang
nilai karakter, 2) Connection dilakukan dengan menghubungkan aktivitas yang dilakukan
dengan implementasi nilai karakter melalui video pembelajaran, 3) Application dilakukan
dengan cara menerapkan nilai karakter yang diperoleh melalui video pembelajaran dan
membahasnya bersama anak tentang implementasinya. Berikutnya tahap 4) Reflection
dilakukan dengan merefleksikan aktivitas penanaman nilai karakter yang dilakukan dan tidak
dilakukan, 5) Extention dilakukan dengan memberikan tantangan lebih luas kepada peserta
didik untuk mengoptimalkan implementasi nilai karakter. Setelah adanya hasil penelitian
disarankan guru mengoptimalkan pembelajaran karakter melalui impelementasi video
pembelajaran dengan menerapkan syntak yang ditetapkan.
Article Metrics
Abstract Views : 406 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.