Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Stimulasi Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Pendekatan Environmental Print

Ismaniar Ismaniar(1),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101459

Full Text:    Language : en

Abstract


Stimulasi keamampuan membaca sudah dapat dilakukan sejak anak berusia dini, dan dalam pelaksanaannya perlu dukungan dari berbagai pihak. Namun kenyataan di lapangan dewasa ini ada kecenderungan stimulasi kemampuan membaca anak seringkali hanya dibebankan menjadi tanggung jawab lembaga PAUD. Padahal lingkungan pertama dan utama bagi setiap anak adalah keluarganya, dan dalam keseharian anak lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Pendekatan environmental Print merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan peran keluarga dalam stimulasi kemampuan membaca anak.

Kata kunci: Optimalisasi, peran keluarga,membaca awal, pendekatan, environmental print.


References


Bromley, K.D (1992). Languange Arts: Exploring Connections (2 nd ed) Boston: Allyn and Bacon.

D. E. Papalia, A Child’s World: Infancy Through Adolescence. New York: McGraw-Hill, 1990.

Ismaniar, 2013. Language Acquisition In Early Chidhood (case study in “ Putri” children Age 2.3 Years In The Village Bintara Jaya District Of West Bekasi). UNP Press

Ismaniar.2017. Pelatihan Parenting. Padang: PLS Press

J. R. Anderson, Cognitive Psychology and Its Implications. New York: Freeman, 1985.

Michelle M Neumann. “The role of environmental print in emergent literacy. https://scholar.google.com.au/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=tExtSjcAAAAJ&citation_for_view=tExtSjcAAAAJ:UeHWp8X0CE (diakses 20 april 2017)

Miller, M.S. (1981) Bringing Learning Home. New York: harper & Row Publisher.

M. Leonhardt, 99 Cara Menjadikan Anak Anda “Keranjingan” Membaca. Bandung: Kaifa, 1999.

N. Dieni, Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.

V. Cronin, D. Farrell, and M. Delaney, “Environmental print and word reading,” J. Res. Read., vol. 22, pp. 271–282, 2002.


Article Metrics

 Abstract Views : 471 times
 PDF Downloaded : 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.