Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Stimulasi Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Pendekatan Environmental Print
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101459
Full Text: Language : en
Abstract
Stimulasi keamampuan membaca sudah dapat dilakukan sejak anak berusia dini, dan dalam pelaksanaannya perlu dukungan dari berbagai pihak. Namun kenyataan di lapangan dewasa ini ada kecenderungan stimulasi kemampuan membaca anak seringkali hanya dibebankan menjadi tanggung jawab lembaga PAUD. Padahal lingkungan pertama dan utama bagi setiap anak adalah keluarganya, dan dalam keseharian anak lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Pendekatan environmental Print merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan peran keluarga dalam stimulasi kemampuan membaca anak.
Kata kunci: Optimalisasi, peran keluarga,membaca awal, pendekatan, environmental print.
References
Bromley, K.D (1992). Languange Arts: Exploring Connections (2 nd ed) Boston: Allyn and Bacon.
D. E. Papalia, A Child’s World: Infancy Through Adolescence. New York: McGraw-Hill, 1990.
Ismaniar, 2013. Language Acquisition In Early Chidhood (case study in “ Putri” children Age 2.3 Years In The Village Bintara Jaya District Of West Bekasi). UNP Press
Ismaniar.2017. Pelatihan Parenting. Padang: PLS Press
J. R. Anderson, Cognitive Psychology and Its Implications. New York: Freeman, 1985.
Michelle M Neumann. “The role of environmental print in emergent literacy. https://scholar.google.com.au/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=tExtSjcAAAAJ&citation_for_view=tExtSjcAAAAJ:UeHWp8X0CE (diakses 20 april 2017)
Miller, M.S. (1981) Bringing Learning Home. New York: harper & Row Publisher.
M. Leonhardt, 99 Cara Menjadikan Anak Anda “Keranjingan” Membaca. Bandung: Kaifa, 1999.
N. Dieni, Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.
V. Cronin, D. Farrell, and M. Delaney, “Environmental print and word reading,” J. Res. Read., vol. 22, pp. 271–282, 2002.
Article Metrics
Abstract Views : 471 timesPDF Downloaded : 144 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.