The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Paper bertujuan memaparkan inovasi pendidikan berbasis teknologi informasi di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Cina dan Jepang menuju peradaban pendidikan masa depan. Inovasi pendidikan masa depan terus berpacu seiring dengan kemajuan teknologi informatika di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kemajuan pendidikan di negara-negara maju telah melahirkan berbagai inovasi pendidikan di Indonesia diantaranya kebijakan pendidikan berbasis web yang dikenal dengan online learning atau distance learning yang sudah dipelopori oleh Amerika Serikat, Inggris, Cina dan Jepang sebagai Negara-negara maju yang lebih dahulu memanfaatkan kemajuan digital bagi pembangunan sistrem pendidikan masa depan mereka. Kemajuan era digital di negara-negara maju ini memberikan dampak positif bagi Indonesia yang kemudian ikut membangun platform pendidikan berbasis teknologi informasi sebagai sarana pendukung perbaikan proses pembelajaran masa depan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dasar, menengah dan perguruan tinggi. Hal ini terwujud dalam kebijakan pembelajaran jarak jauh yang dicanangkan pemerintah Indonesia mengunakan platform pembelajaran e-learning yang sudah menjadi keharusan bagi perguruan tinggi di Indonesia menyediakan system pembelajaran berbasis web ini.