PENDIDIKAN DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Syamsuar Syamsuar(1), Reflianto Reflianto(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Malang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343

Full Text:    Language : en

Abstract


Paper bertujuan memaparkan pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di Era Revoulusi Industri 4.0 dan kesiapan indoensia menjawab tantangan pendidikan era revolusi industri 4.0 dalam membangun system pembelajaran berbasis teknologi informasi. Di Indonesia kesiapan menghadapi tantangan pendidikan era revolusi industri 4.0 adalah segera meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumberdaya manusia Indonesia melalu pendidikan dengan melahirkan operator dan analis handal bidang manajemen pendidikan sebagai pendorong kemajuan pendidikan berbasis teknologi informasi di Indonesia menjawab tantangan Industri 4.0 yang terus melaju pesat. Kebijakan manajemen pendidikan di Indonesia saat ini mendorong seluruh level pendidikan, terutama pendidikan tinggi untuk memanfaatkan kemajuan teknologi digital dan komputasi pendidikan era revolusi industry keempat. Beberapa solusi yang bisa dilakukan antara lain, kesesuaian kurikulum dan kebijakan dalam pendidikan, kesiapan SDM dalam memanfaatkan ICT, mengoptimalkan kemampuan peserta didik, dan mengembangkan nilai - nilai (karakter) peserta didik, serta  dan kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis digital.

 

Key words:      Pendidikan, Pembelajaran Bervasis Teknologi Informasi, Revolusi Industri 4.0


References


Chai dan Chain. (2016). Professional Learning For 21st Century Education. Journal Computer Education, 4 (1) 1 – 4.

Djahiri. (2002). Strategi Pengajaran Afektif, Nilai Moral dan Games dalam Pembelajaran. VCT Bandung

Guilford, J. P. (1985). The structure-of-intellect model. In B. B. Wolman (Ed.), Handbook of intelligence: Theories, measure- ments, and applications (pp. 225–266). New York: Wiley.

International Education Advisory Board. (2017). Learning in the 21st Century: Teaching Today’s Students on Their Terms. USA: Certiport.

Davies, Ivor K. (2011). Instructional Technique . New York: McGraw Hill Book Company.

Kirschenbaum, D.S.&Tomarken 0A J.(1982). On facing the generalization problem The study of self-regulatory failure. In E C. Kendall (Ed.), Advances in cognitive-behavioral research and therapy (Vol. 1). New York: Academic Press.

Kohlberg, L.(2005). Tahap-tahap Perkembangan Moral, Penerbit Kanisius, Yogyakarta, Cetakan Pertama

McGuire dan Alismail. (2015). 21st Century Standards and Curriculum: Current Research and Practice. Journal of Education and Practice, 6 (5) 150 -154.

Menristekdikti. 2018. Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. (Online) https://ristekdikti.go.id/pengembangan- iptek-dan-pendidikan-tinggi-di-era-revo-lusi-industri-4-0-2/ diakses tanggal 6 Februari 2018.

Mauch J.E. et all (2014) Corporate Social Responsibility Education In Europe. Journal of Business 323-337.

Mulyana, D., dan Rakhmat. (2008). Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Rosdakarya

Musyaddad, Kholid. 2013. Problematika Pendidikan di Indonesia. Education and Biology Journal, 4 (1) 51 – 57.

Nasution, Sumaatmadja. (2000). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar PT. Bumi Aksara: Jakarta

Nurhaidah. (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tik) Di Sd Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (2) 126 - 134.

Percival & Ellington, Henry (1988). Teknologi Pendidikan. (alih bahasa Sudjarwo S.). Jakarta: Penerbit Erlangga

Reigeluth, C.M. (2011). Desain Instruksional Teori dan Model-Model (Alih Bahasa: Ary Nilandari). Bandung: Alfabeta

Semiawan, Conny. (1997). Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: Grasindo.

Syukur, Imam. (2014). Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (2) 200 – 210.

Wening. (2015). Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter,2 (1) 55 – 64.


Article Metrics

 Abstract Views : 59203 times
 PDF Downloaded : 30473 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.