Abstract


Abstrak
Promosi tradisi serak gulo dalam media film dokumenter ini bertujuan untuk mempelajari secara dalam dan dapat diketahui oleh masyarakat luar terutama Sumatera Barat. Selain film dokumenter promosi ini juga didukung oleh media lainnya seperti: baju kaos, jam, pin, gantungan kunci, stiker, kalender, mug, batasan buku, dan Imsakiyah Ramadhan. Perancangan media ini berdasarkan teori SWOT, dengan adanya SWOT dapat diketahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan bagi promosi serak gulo dapat dikenal oleh masyarakat luas. Berdasarkan hasil rancangan desain promosi yang menggunakan media film dokumenter dapat menjadi sarana/media yang mampu menyita perhatian dari masyarakat luar terutama Sumatera Barat, dengan media film dokumenter yang memenuhi layout/tata letak sesuai dengan aturan komunikasi visual yang dapat melancarkan tujuan dari film dokumenter serak gulo ini.

Abstract
the promotion of serak gulo tradition in this film documenter aims to learn more deeply and known by outsider as well especially west sumatera people. This film documenter is supported as well by other medias for instance T-shirt, clock, pin, key holder, sticker, calendar, mug, book definition and imsakiyah ramadhan. The csheme of thios media related to 5W+1H theory, it can be seen now strength, weakness, opportunity, and challenge for promotion of serak gulo which can be know by society. Pursuant to be result of design promotion scheme using media of film documenter become facility/media capable to confiscate attention of eksternal people especially west sumatera, through media of film documenter fulfill layout/ arrangement related to the rule of visual communication to apply the aim from serak gulo film documenter.