Abstract


Wisata Alam Lembah Harau dan Ngalau Indah kini menjadi primadona wisata di Provinsi Sumbar, banyak wisatawan baik lokal maupun Internasional mengunjungi wisata tersebut, dari kedua tempat wisata ini banyak dari para wisatawan yang telah mengunjungi tempat wisata Harau dan Ngalau mengalami keraguan karena pengucapan keduanya memiliki kesamaan bunyi sehinngga terjadilah kesalahan persepsi oleh para wisatawan tersebut dalam memposisikan tempat wisata Harau atau tempat wisata Ngalau dalam pikiran wisatawan. Wisata Alam Lembah Harau juga belum memiliki Logo sebagai identidas dan pembading dengan Wisata Alam Ngalau.


Dari hal tersebut, maka dibuatlah perancangan logo Wisata Alam Lembah Harau. Logo dirancang untuk mewakili karakter dan menjadi identitas dari sebuah daerah, perusahaan, lembaga atau produk. Logo terdiri dari dua bagian yaitu logogram (ikon, simbol, visual), dan logotype (inisial, nama perusahaan dalam bentuk teks). Usaha ini bertujuan untuk mempromosikan dan membedakan Wisata Alam Lembah Harau dengan Wisata Alam Ngalau indah kepada wisatawan lokal, nasional, internasion dan investor melalui logo.


Metode Perancangan yang digunakan adalah analisis SWOT. Keunggulan dari Wisata Alam Lembah Harau adalah memiliki pemandangan yang indah, asri sejuk, alami dan memiliki tebing-tebing yang menahjubkan menjulang tinggi. Kelemahan dari Wisata Alam Lembah Harau adalah memiliki kesamaan pengucpan bunyi dengan Wisata Ngalau dan tidak memiliki trasportasi umum menuju lokasi wisata tersebut.


Hasil dari perancangan logo Wisata Lembah Harau ini di aplikasikan berupa manual book dan poster yang juga didukung oleh media alternatif diantaranya berupa baju, X banner, gantungan kunci, poster, mug, dan stiker.


Kata Kunci : Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Wisata Alam.