PERANCANGAN LOGO WISATA ALAM NGALAU INDAH DI KOTA PAYAKUMBUH

BUDI SETIA MAHA RESI, Drs. Syafwandi, M.Sn., Drs. Ariusmedi, M.Sn.(1),
(1)  

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/dekave.v5i1.8274

Full Text:    Language : 

Abstract


Wisata Alam Ngalau Indah dan Harau kini menjadi primadona wisata di Provinsi Sumbar, banyak wisatawan baik lokal maupun Internasional mengunjungi wisata tersebut, dari kedua tempat wisata ini banyak dari para wisatawan yang telah mengunjungi tempat wisata Ngalau dan Harau mengalami keraguan karena pengucapan keduanya memiliki kesamaan bunyi sehinngga terjadilah kesalahan persepsi apakah wisatawan tersebut sedang mempositioningkan Ngalau atau Harau dalam benak wisatawan.

Dari hal tersebut, maka dibuatlah perancangan logo Wisata Alam Ngalau Indah. Logo dirancang untuk mewakili karakter dan menjadi identitas dari sebuah perusahaan, lembaga atau produk. Logo terdiri dari dua bagian yaitu logogram (ikon, simbol, visual), dan logotype (inisial, nama perusahaan dalam bentuk teks). Usaha ini bertujuan untuk mempromosikan dan membedakan Wisata Alam Ngalau Indah dengan Wisata Harau kepada wisatawan dan investor melalui logo.

Metode Perancangan yang digunakan adalah analisis SWOT. Keunggulan dari Wisata Alam Ngalau Indah adalah letaknya yang dekat dengan pusat Kota Payakumbuh dan memiliki Goa yang sangat indah. Kelemahan dari Wisata Alam Ngalau Indah adalah memiliki kesamaan pengucpan bunyi dengan Wisata Harau dan tidak memiliki penginapan.

Hasil dari perancangan logo Wisata Alam Ngalau Indah ini berupa manual book dan poster yang juga didukung oleh media alternatif diantaranya berupa kartu nama, pin, gantungan kunci, jam dinding, mug, dan stiker. .


Kata Kunci : Ngalau Indah, Kota Payakumbuh, Wisata Alam


Article Metrics

 Abstract Views : 324 times
 PDF Downloaded : 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.