Abstract


Caredek Hotel merupakan salah satu hotel yang ada di kota solok yang
berlokasikan di jalan Dt. Perpatih Nan Sebatang (Air Mati) Kota Solok, Sumatera Barat. Caredek Hotel didirikan pada tanggal 29 November 1986, dan dipimpin oleh bapak H. Adjis Mi’in. Selama hotel didirikan, belum pernah dipromosikan dalam bentuk media apapun.


Untuk itu, maka dibuatlah perancangan promosi Caredek Hotel di kota
Solok melalui media iklan televisi. Iklan televisi merupakan, sebuah media untuk mempromosikan suatu produk, dibuat berupa video yang berdurasi 30 detik dan di tambah dengan gambar dan audio dilengkapi dengan pesan yang singkat dan tepat. Iklan televisi dipilih sebagai media utama karena teknologi dan informasi seperti ini begitu mudah ditemukan.


Berdasarkan dari data yang diperoleh mengenai Caredek Hotel, yang
menjadi kekuatan dari hotel ini adalah lokasi hotelnya yang strategis karena berada diantara pusat kota dan pusat perbelanjaan kota Solok. Namun ada beberapa kelemahan pada perusahaan Caredek Hotel yaitu dari segi Room Rate (tarif kamar), harganya tidak sebanding dengan hotelnya karena hotel ini merupakan hotel kelas melati, jadi masih ada hotel kelas melati lainnya yang lebih murah sehingga menjadi ancaman bagi Caredek Hotel. Yang menjadi peluang dari perusahaan Caredek Hotel ini adalah dari segi fasilitasnya yang lengkap dengan disediakannya ruang kamar khusus keluarga, pelayananannya yang ramah dan memuaskan terasa seperti di rumah sendiri serta disediakan fasilitas ruang rapat bagi para tamu yang sedang melakukan perjalanan bisnis keluar kota.


Pada zaman kini, teknologi dan informasi sangat mudah ditemui sehingga
dapat dimanfaatkan untuk promosi Caredek Hotel dalam bentuk iklan televisi. Didukung oleh media lain yaitu Poster, X-Banner, Kotak CD, Label CD, Kartu Nama, Mug, Handbook, Kalender, Handuk, Kemeja.


Kata kunci : Promosi, Iklan Televisi, Video, Caredek Hotel.