Persepsi Mahasiswa Terhadap Desain Kemasan Floaty: Tinjauan Elemen Visual

Alhuury Fawnia Maritza(1), Alvino Fhatir(2), Salsabila Damayanti(3), Yuslitya Wening Gusno(4),
(1) Universitas Pendidikan Indonesia  Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia  Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia  Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/dekave.v15i1.132202

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah desain kemasan produk makanan ringan untuk manusia tetapi diilustrasikan dengan kucing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) terhadap desain kemasan produk Floaty dan faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan persepsi. Penelitian ini difokuskan pada elemen desain kemasan, seperti warna, bentuk, ilustrasi, tipografi, tata letak, merek dan logo, yang mampu memengaruhi pemahaman konsumen terhadap produk. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur yang melibatkan 30 mahasiswa sebagai partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen visual pada kemasan, seperti ilustrasi kucing, warna biru dan putih, tipografi, serta tata letak menyebabkan kebingungan mengenai identitas produk. Sebagian besar partisipan menganggap kemasan mirip makanan kucing. Mereka juga merasa teks pada kemasan justru menambah kebingungan. Selain itu, meski ilustrasi kucing bisa menjadi daya tarik tersendiri, tetapi berpotensi mengalihkan fokus dari karakteristik utama produk sebagai snack berbahan gandum. Penelitian ini mengungkapkan bahwa desain kemasan Floaty belum sepenuhnya efektif dalam menyampaikan pesan produk sehingga perlu perbaikan untuk mengurangi kesalahpahaman dan meningkatkan komunikasi visual yang lebih jelas.

Article Metrics

 Abstract Views : 17 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.