Abstract
Di era saat ini, perkembangan teknologi dan informasi telah mengalami kemajuan yangsignifikan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Perkembangan yang terjadipada masa kini tidak hanya terjadi di industri fashion, namun terjadi juga pada industrihiburan. Industri hiburan di Korea Selatan saat ini telah mengalami banyak kemajuanyang pesat. Meluasnya fenomena Korean Wave memberikan dampak semakindikenalnya budaya, fashion, destinasi wisata dan industri hiburan seperti drama Koreaataupun acara reality show Korea Selatan secara global. Drama Korea tidak hanyadikenal melalui cerita yang menarik, tetapi juga melalui strategi promosi melalui poster. Light Shop adalah sebuah kisah menarik yang diadaptasi dari webtoon populer berjudulShop of the Lamp karya Kang Pool. Rumusan masalah dan tujuan yang akan dibahasdalam penelitian ini adalah untuk melakukan analisis formalistik terhadap posterdrama Korea Light Shop. Penelitian ini menggunakan metode semiotika analisisformalistik. Melalui analisis formalistik, dapat dilihat bahwa poster ini memiliki mooddan tone yang misterius dan tegang, serta emosi yang menegangkan dan penasaran. Fokus utama pada poster ini adalah dua tokoh utama yang berada di tengah, yaitu JungWon Young dan Kwon Young Ji. Penggunaan warna, tekstur, dan prinsip desain yangtepat membuat poster ini memiliki kesatuan, keseimbangan, penekanan, kontras, danritme yang efektif.