Abstract


Industri kreatif mencakup berbagai sektor ekonomi yang berfokus pada kreativitas, budaya, dan inovasi dalam menghasilkan produk dan layanan. Kemasan produk, terutama bagi UMKM di bidang fashion, sangat penting dalam mempengaruhi persepsi konsumen, meningkatkan daya tarik produk, dan memberikan nilai tambah pada merek. Sophicraft, sebuah UMKM di bidang fashion, membutuhkan desain kemasan yang unik dan konsisten untuk produk best seller-nya, tas sulam behel. Sophicraft berencana untuk memperluas pasar hingga membutuhkan desain kemasan yang baru yang sesuai dengan pasar yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan merancang desain kemasan yang memiliki diferensiasi dari kompetitor produk sejenis dengan menggunakan mix method yang melibatkan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data mencakup studi literatur, wawancara, observasi, survei konsumen, dan analisis SWOT. Proses desain menggunakan metode design thinking yang melibatkan mind mapping, mood board, sketsa manual, digitalisasi, prototype, testing dan FAW. Penelitian ini menghasilkan diferensiasi pada bentuk desain kemasan baru yang mempertimbangkan elemen visual seperti warna, tipografi, dan ilustrasi, serta mempertahankan tone dan manner merek Sophicraft, diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk di pasar lokal dan internasional.