Abstract
Pendidikan karakter terhadap anak usia dini harus diimbangi dengan pendidikan adab yang sesuai dengan syariat Islam. Salah satu lembaga yang menyediakan kurikulum pengembangan karakter dengan memberikan pendidikan adab adalah TK Islam Tahfizh Cahaya Qur’an. Untuk mendukung kegiatan tersebut, TK Islam Tahfizh Cahaya Qur’an membutuhkan media edukasi pengenalan adab dan doa sehari-hari ketika beraktivitas di sekolah seperti adab ketika masuk dan di dalam kelas, adab terhadap guru, serta adab berteman bergaya faceless art yang menarik dan interaktif. Dalam hal ini, buku cerita interaktif dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Buku cerita interaktif “Doa dalam Aktivitasku ketika Bersekolah” dirancang menggunakan metode design thinking yang tahapannya terdiri dari empathize, define, ideate, prototype, dan test. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Perancangan ini menghasilkan buku cerita bergaya faceless art yang memiliki fitur interaktif lift the flap dan pop-up, layout asimetris yang didominasi oleh gambar berwarna cerah dan bertekstur krayon, serta tipografi sans serif. Konsep faceless art dipilih karena ingin menyesuaikan visi dan pemahaman yang dimiliki oleh TK Islam Tahfizh Cahaya Qur’an terkait batasan dalam menggambar makhluk bernyawa. Hasil penelitian perancangan buku cerita interaktif dengan konsep faceless art ini telah berhasil menarik perhatian anak-anak dan membantu mereka berinteraksi dengan isi cerita Qur’an.