Abstract
Museum Polri merupakan lembaga di Indonesia yang berperan sebagai titik pusat untuk menyimpan koleksi senjata dan koleksi sejarah dibalik peristiwa yang ada. Dalam Museum Polri tidak hanya menampilkan benda-benda bersejarah, tetapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap peran serta kontribusi Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di indonesia. Penelitian merancang pembuatan video feature untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan ke audiens atau penonton dari berbagai komponen yang ada di Museum Polri, Meliputi latar belakang sejarah dan koleksi lainnya. Identitas visual adalah peran penting dalam membangun citra dan reputasi suatu organisasi. Merujuk pada keseluruhan nilai yang melekat pada suatu lembaga, pengalaman, komunikasi, dan serta interaksi dengan publik. Identitas visual dalam hal lain mencakup elemen-elemen desain seperti logo, warna, tipografi, dan gaya visual lainnya yang digunakan untuk merepresentasikan institusi secara konsisten. Dalam video feature sebagai media utama, peneliti perlu pengembangan dalam Penerapan identitas visual dan pengaplikasiannya terhadap media promosi yang meliputi penggunaan logo, warna, dan elemen grafis yang akan diterapkan di berbagai format, termasuk video feature. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas visual yang kuat dan konsisten mampu meningkatkan daya tarik dan kesan profesional dari media promosi, sekaligus memperkuat branding pada Museum POLRI. Video feature yang dihasilkan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat untuk mengunjungi museum serta memahami sejarah dan peran penting Kepolisian Republik Indonesia.