Buku Interaktif Multiple Intelligences Sebagai Media Pemahaman Potensi Diri Bagi Remaja
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/dekave.v14i2.128801
Abstract
Permasalahan yang sering terjadi pada remaja lulusan SMA/SMK yaitu mengalami kebingungan dalam memilih jurusan kuliah apa yang sebaiknya mereka pilih. Salah satu penyebab terjadinya masalah karena masih banyak remaja yang kurang memiliki pemahaman akan potensi diri yang dimiliki. Untuk membantu memberikan edukasi dan informasi mengenai potensi diri pada remaja, perancang membuat sebuah Buku Interaktif Multiple Intelligances. Buku interaktif adalah media yang cocok digunakan sebagai sarana pembelajaran, karena buku interaktif dapat menstimulasi pemikiran dan dapat membantu untuk lebih memahami informasi-informasi yang ingin disampaikan. Metode Perancangan pada buku interaktif ini adalah 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate). Perancangan buku interaktif ini diberi judul “Pintar Itu Relatif”. Buku ini juga dibuat menarik dengan mengaplikasikan prinsip prinsip desain, karena desain buku sangat mempengaruhi daya tarik pembaca terhadap konten yang disajikan. Selain merancang media utama, ada beberapa perancangan media pendukung untuk mempromosikan buku interaktif ini, yaitu dalam bentuk poster, X-banner, sticker set, social media berupa Instagram Stories, dan pembatas buku. Penilaian kelayakan oleh ahli media meliputi aspek keefektifan, usabilitas, kemenarikan, komunikatif, dan aspek visual. Hasil penilaian validator media mendapatkan nilai rata-rata 4,5 dan tanggapan siswa terhadap buku ini mendapatkan nilai rata rata 4,6 , penilaian dari ahli media dan pengguna mendapatkan kriteria sangat baik.
Kata kunci: buku interaktif, multiple intelligances, media, potensi diri, remaja
Article Metrics
Abstract Views : 58 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.