Analisis Iklan Balenciaga "The Gift Shop Campaign" dalam Perspektif Eksploitasi dan Kekerasan Seksual (BDSM) Terhadap Anak
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/dekave.v14i2.128469
Abstract
Saat ini, banyak pengiklan yang melanggar etika dalam beriklan, salah satunya iklan katalog pada website Balenciaga “The Gift Shop Campaign” 2022 secara terbuka melanggar prinsip moral periklanan karena mengandung unsur eksploitasi dan kekerasan seksual terhadap anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa iklan Balenciaga “The Gift Shop Campaign” dalam sudut pandang eksploitasi dan kekerasan seksual (BDSM) terhadap anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes yang mengkaji makna iklan Balenciaga "The Gift Shop Campaign". Hasil penelitian menunjukkan unsur eksploitasi serta unsur penyimpangan dan kekerasan seksual pada anak, dapat dilihat dari penggunaan alat perbudakan seksual BDSM disekeliling anak, bentuk tas boneka beruang berpakaian yang identik dengan BDSM, aspek visual pendukung seperti coretan-coretan pada dinding yang mengarah pada hal-hal negatif. Serta ekspresi/mimik, dan gestur dari anak itu sendiri sebagai pemeran iklan bertema BDSM. Kesimpulan penelitian ini adalah iklan Balenciaga “The Gift Shop Campaign” ini sudah jelas melanggar etika dalam beriklan karena secara tidak langsung mengeksploitasi anak dan mempromosikan perilaku penyimpangan dan kekerasan seksual pada anak.
Article Metrics
Abstract Views : 55 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.