Duality Concept Red dan Velvet pada Promosi Album Red Velvet dalam Tinjauan Visual

Nurul Ramadhini(1), Dwi Mutia Sari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/dekave.v13i2.122348

Abstract


Red Velvet merupakan salah satu girl group dalam dunia musik Korean Pop atau yang disebut juga dengan K-Pop yang melakukan debut pada tahun 2014 dibawah naungan SM Entertainment yang merupakan agensi hiburan di negara Korea Selatan. Penelitian ini berfokus kepada kajian perbedaan penggunaan elemen visual (warna, tipografi, dan layout) pada media promosi album Red Velvet: The Red (2015) dan The Perfect Red Velvet (2018).

Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Teknik analisis menggunakan analisis visual dengan pendekatan kritik seni menurut Edmund Feldman, yaitu:  deskripsi, analisis, Interpretasi serta penilaian atau evaluasi.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan penggunaan elemen-elemen visual sesuai dan sejalan dengan konsep “Red” dan “Velvet” yang diterapkan pada girl group Red Velvet. Pada Album yang menggunakan konsep “Red”, elemen visual yang digunakan seperti warna, tipografi, dan layout, memberikan kesan ceria, energik, dan bebas. Point of interest pada poster teaser lebih ditekankan kepada elemen visual konsep album, bukan kepada penyampaian informasi melalui elemen teks. Sedangkan pada album dengan konsep “Velvet”, elemen visual yang digunakan memiliki kesan yang gelap, kuat, dan dewasa. Point of interest pada poster ini lebih ditekankan kepada elemen teks pada informasi tentang album.


Article Metrics

 Abstract Views : 592 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.