Abstract


Game tata krama gadih minang adalah solusi untuk kembali menanamkan pedoman perilaku yang pantas bagi seorang perempuan minang pada anak-anak perempuan yang berusia 6-12 tahun untuk kembali mengenali sumbang 12. Kurangnya pengetahuan mengenai sumbang 12 yang merupakan pedoman perilaku perempuan dalam adat Minangkabau, membuat perempuan lupa akan membatasi diri dalam bergaul dan berperilaku bagaimana selayaknya seorang perempuan minang. Game tata krama gadih minang mempunyai konten edukasi mengenai sumbang 12 yang dirancang dengan tampilan game visual novel sederhana yang memudahkan pemain untuk menyerap informasi. Dalam perancangan game tata krama gadih minang perancang menjadikan metode 5W+1H sebagai konsep pemecahan masalah yaitu what (apa), why (kenapa), who (siapa), where (dimana), when (kapan), dan how (bagaimana). Hasil perancangan karya game tata krama gadih minang adalah layak untuk dimainkan karena telah melalui uji kelayakan langsung dengan target audien anak umur 6 – 12 tahun dengan hasil nilai kelayakan karya 4,0 = bagus. Perancangan game tata krama gadih minang memiliki 8 media pendukung yaitu: poster, x-banner, t-shirt, totebag, tempat pensil, notebook spiral, gantugan kunci, dan stiker set yang berguna sebagai media promosi dan merchandise.