Desain Kemasan Sanjai Berkah Ninur Bukik Batabuah Kabupaten Agam

Muhammad Adil(1), Budiwirman Budiwirman(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/dekave.v13i2.122088

Abstract


Sanjai Berkah Ninur belum memiliki identitas produk. Desain kemasan yang efektif, komunikatif, kreatif dikarenakan kemasan sebelumnya belum berisi informasi yang lengkap dan belum memiliki identitas sendiri agar mudah dikenal dan menarik bagi target audience. Tujuan perancangan ini Menciptakan perancangan desain kemasan yang efektif, komunikatif, kreatif agar memiliki informasi maupun identitas dan menarik bagi target audience dari produk Sanjai Berkah Ninur. Metode perancangan yang digunakan adalah glass box atau dikenal juga dengan gelas kaca. Kaidah desain ini akan diterapkan oleh penulis karya dengan cara yang masuk akal dan logis. Analisis dilakukan sepenuhnya dan bahkan dapat dilakukan dengan prosedur pengujian dalam bentuk desain yang masuk akal dan bermakna. Kemudian dibuatlah desain kemasan sebagai media iklan berupa paper tube. Analisis data yang digunakan adalah SWOT. Kajian ini berkonsep pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities sekaligus dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats). Hasil design kemasan produk Sanjai Berkah Ninur yang dikembangkan adalah kemasan papertube sebagai media utama serta didukung media lain seperti Poster, Apron, Sticker, Faktur, T-Shirt, Kartu Nama dan Kardus sebagai media pendukung.


Article Metrics

 Abstract Views : 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.