Kampanye Sosial Pengenalan Gigi Pada Anak-anak
![](/public/amplop.jpg)
(1) Universitas Negeri Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(2) Universitas Negeri Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
![](/public/amplop.jpg)
DOI : https://doi.org/10.24036/dekave.v14i1.121832
Full Text:
![](/public/downloadpdf.png)
Abstract
Kampanye ini bertujuan untuk menghasilkan media alternatif bagi Target Audience, yaitu anak-anak yang berusia 9 sampai 11 tahun yang ingin tahu bagaimana pengenalan pada gigi dan bagaimana cara merawatnya. Permasalahan awal yang ditemukan ialah kurang perhatiannya anak-anak terhadap pentingnya merawat gigi pada saat usia dini. Sebagai contoh ketika mereka mengkonsumsi makanan dan minuman. Anak-anak cenderung tidak peduli akan Kesehatan gigi. Hal kecil yang dapat dilihat ialah ketika mereka mengkonsumsi makanan ringan dan minuman yang memiliki rasa, mereka terkadang lupa untuk membersihkan gigi sehingga terjadi kerusakan gigi seperti gigi berlubang. Untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut, dipakai metode 4D yang memiliki beberapa langkah, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Metode ini dimulai dari mendefinisikan masalah yang terjadi kemudian dilanjutkan dengan merancang media dari hasil analisis data pada tahapan sebelumnya, kemudian rancangan tersebut dikembangkan untuk mendapatkan hasil rancangan yang sudah final. Kemudian rancangan yang sudah final tersebut disebarkan melalui berbagai alternatif cara, yaitu melalui Platform Media Digital, Social Media, dan Printout. Perancangan ini akan menghasilkan output berupa media utama serta media pendukung. Media Utama rancangan ini ialah Motion Graphic sebagai media penyampaian informasi terkait Kampanye Sosial Pengenalan Gigi Pada Anak-Anak. Pembuatan media utama dan media pendukung terbukti efektif untuk meningkatkan tingkat kepedulian target audience dalam memperoleh informasi tarkait pengenalan gigi, fungsi gigi, serta cara merawat gigi. Hal ini terbukti dari hasil uji kelayakan yang dimana informasi yang disampaikan dapat diterima dan dipahami dengan mudah oleh target audience. Media Pendukung dari Perancangan ini ialah: Poster A3, Cloth Banner, Foam Board, Sticker, Social Media, dan Video Teaser.
Article Metrics
![](/public/grafik.png)
![](/public/pdf.jpg)
Refbacks
- There are currently no refbacks.