Pengaruh Identitas Visual Terhadap Persepsi Pengunjung Mengenal Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang

Muhammad Furqaan(1), San Ahdi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/dekave.v14i1.121432

Full Text:    Language : ind

Abstract


Salah satu upaya yang dianggap dapat mewakili produk dari merk untuk dapat dipublikasikan adalah dalam bentuk identitas visual produk. Melalui pengenalan identitas visual, memiliki peranan penting sebagai pembeda atau penanda yang menjadi ciri khas dan melekat pada suatu objek. Selama setengah abad memberikan layanan Kesehatan di Kota Padang, Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang berupaya mengikuti perkembangan teknologi dan regulasi sebagai transformasi menuju layanan berbasis digitalisasi, agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Belum adanya manual book menyebabkan logo, warna seragam dan gedung yang digunakan saat ini memiliki kesamaan dengan instansi lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh identitas visual seperti logo, warna dan tipografi yang saat ini digunakan terhadap persepsi pengunjung mengenal Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang sebagai sarana layanan kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya identitas visual memiliki pengaruh terhadap persepsi pengunjung (p-value = 0,007), secara simultan identitas visual berperan sebesar 4,9%. Indikator identitas visual yang memiliki pengaruh antara lain ; bentuk logo (p-value = 0,010) dan font logo (p-value = 0,017).

 

Kata kunci: logo, warna, font, mengenal, identitas visual


Article Metrics

 Abstract Views : 5 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.