Abstract


Rancangan ini ditujukan untuk seniman pemula yang ingin mencoba memahami apa itu Gijinka. banyak seniman pemula yang belum tahu apa itu gijinka karena seniman profesional sangat jarang menampilkan karya gijinkanya. Gijinka ialah kata yang masyarakat Jepang gunakan untuk istilah antropomorfisme, yaitu penyandangan atribusi karakteristik manusia terhadap makhluk non-manusia atau benda. Metode yang digunakan oleh penulis dalam proses desain perancangan adalah 4D (four-D Design), yang menggunakan empat langkah dalam perancangan, yaitu : define atau pendefinisian, design atau perancangan, development atau pengembangan, serta disseminate atau penyebarannya. Metode analisis data adalah 5H+1H, dan metode pengumpulan data adalah dokumentasi dan wawancara. Rancangan ini akan menghasilkan dalam media utama berupa buku panduan yang memberikan langkah-langkah menggambar gijinka chibi, dan media pendukung berupa gantungan kunci, stiker, pin, poster, x-banner, tote bag, dan Tumbler sebagai media promosi.