Abstract
Ulos adalah kain berbentuk selendang yang ditenun dengan alat tenun dari wilayah Batak, Sumatera Utara. Benda keramat ini merupakan lambang berkah, kasih sayang dan persatuan menurut peribahasa Batak: “Ijuk pangihot ni hodong, Ulos pangihot ni holong”, yang artinya kasih sayang dengan orang lain. Ulos adalah bagian dari tiga elemen sumber panas. Tiga sumber panas adalah api, matahari dan ulos. Dari sumber panas tersebut, hanya ulos lah yang sangat nyaman dan mudah didekati. Tujuan tugas akhir ini ialah untuk merancang katalog tentang Ulos Batak Toba Sebagai Media Informasi Budaya Sumatera Utara, sehingga dapat memberikan informasi mengenai ragam Ulos Batak Toba dan kegunaannya/fungsinya, dan katalog ini akan menjadi sumber referensi bagi masyarakat luas, bukan hanya masyarakat Batak.
Metode perancangan yang berdasarkan metode glass box, yaitu tahap persiapan, tahap inkubasi, tahap luminasi, dan tahap verifikasi. Metode pengumpulan data primer berdasarkan observasi, wawancara dan dokumen. Data sekunder diperoleh dari jurnal online, website, atau internet. Metode analisis data berdasarkan analisis SWOT Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (hambatan/ tantangan).
Dengan adanya katalog ini, diharapkan dapat memudahkan audiens untuk mendapatkan sedikit banyaknya informasi mengenai Ulos Batak Toba ini walaupun tidak lebih baik daripada mengunjungi langsung situs cagar budaya ini.