Abstract


PermasaIahan yang terdapat daIam peneIitian ini adaIah usaha dan perkembangan dalam pembentukkan sebuah band tanah air dari waktu ke waktu namanya sudah tak asing di telinga masyarakat kota Padang. Hal ini dilakukan personil band The Secret bertujuan untuk menarik perhatian khalayak umum.  SaIah satu upaya yang diIakukan adaIah mengusung genre Folk dan Alternatif Pop, di pilihnya aliran lagu ini agar bisa menyesuaikan  semua subgenre dalam lagu. Metode yang dlgunakan daIam peneIitian ini adaIah metode 4D. Metode 4D (Deflne, Deslgn, DeveIop dan Disseminate). (1) Pendeflnlslan (Define); (2) Perancangan (Design); (3) Pengembangan (Develop) dan (4) PenyebarIuasan. Karya akhir dari perancangan Visual Branding  Single Band The Secret ini adalah video motiongraphic. Pada video motiongraphic  terdapat unsur kreatif seperti tipografi, ilustrasi, logo, dan lagu dari band The Secret dan ditunjang meIaIui beberapa medla pendukung lainnya baik itu media pendukung berupa cetak (printed) maupun non-cetak (digitaI).