Aplikasi Virtual Laboratory Materi Pembelajaran Kemagnetan Untuk Siswa SMK Negeri 1 IV Koto Aur Malintang

Fandi Iswandy(1), Dini Faisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/dekave.v12i4.119706

Full Text:    Language : en

Abstract


Aplikasi Virtual Laboratory adalah media pembelajaran berbasis komputer yang dipakai siswa dalam melakukan percobaan laboratorium secara virtual. Perancangan ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan guru dan siswa SMK Negeri 1 IV Koto Aur Malintang dalam pelaksanaan praktikum khususnya pada pelajaran fisika materi kemagnetan. Perancangan ini memakai metode perancangan 4D (four-D) terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Metode analisis data yang digunakan adalah 5W+1H (What, When, Where, Who, Why, How) untuk memudahkan menemukan suatu masalah. Hasil dari perancangan Aplikasi Virtual Laboratory Materi Pembelajaran Kemagnetan telah efektif dan menarik minat pengguna terutama murid SMK Negeri 1 IV Koto Aur Malintang bersemangat pada pratikum memakai Aplikasi Virtual Laboratory lantaran lebih mudah & inovatif pada proses belajar. Selain Aplikasi yang menjadi media utama pada perancangan ini dilengkapi dengan media pendukung seperti Motion Graphic, Poster, X Banner, Notebook, Stiker, dan Instagram.


Article Metrics

 Abstract Views : 94 times
 PDF Downloaded : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.