SEMIOTIKA LOGO SERU DIGITALISASI PRINTING

M Abdul Rasyid(1), Jupriani Jupriani(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/dekave.v12i3.118370

Full Text:    Language : en

Abstract



Di kota Bukittinggi terdapat suatu perusahaan yang bergerak di bidang Advertising yaitu Seru Digital Printing yang berada di berada di Jl. WR Supraman No. 21 Tarok Dipo, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26117, Pada perusahan, lembaga maupun organisasi harus mempunyai suatu identitas agar mudah dikenal masyarakat. Seru memiliki identitas logo yang masih menjadi pertanyaan banyak orang terutama pada logogramnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan bentuk dan menjelaskan makna dari beberapa tanda yang terdapat pada logo Seru Digital Printing, dengan pendekatan Semiotika. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif dengan kajian semiotika Charles Sanders Pierce, dengan hubungan trikonomi yaitu antara objek, representamen dan interpretan, dan untuk mengetahui makna maka penulis menggunakan ikon, indeks, dan simbol. Hasil yang didapati dalam penelitian ini bahwa pada logogram Seru Digital Printing menvisualisasikan bentuk karakter dari CEOnya (Heru Asdian). Bentuk tersebut memiliki makna bahwa perusahaan Seru Digital Printing merupakan usaha jasa yang menyenangkan (fun) agar dapat memberikan layanan yang seru, menyediakan solusi yang seru, dan menghasilkan produk yang seru, sehingga dapat mengutamakan kepuasan konsumen serta pada tulisan Seru merupakan plesetan dari nama ownernya yaitu Heru Asdian.

 


Article Metrics

 Abstract Views : 175 times
 PDF Downloaded : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.