Motion Graphic Masjid Tuo Kayu Jao di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat

restu aji suwito(1), dwi mutia sari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/dekave.v12i3.118368

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrak

 

Masjid Tuo Kayu Jao merupakan masjid tertua di Indonesia dan di Sumatera Barat. Masjid Tuo Kayu Jao adalah salah satu bukti nyata bahwa agama Islam telah masuk dan berkembangan di Kabupaten Solok sejak kurang lebih 400 tahun yang lalu. Perancangan ini bertujuan untuk merevitalisasi Masjid Tuo Kayu Jao dengan menyimpan data-data sejarah maupun filosofi masjid dalam bentuk media digital, sehingga generasi sekarang atau generasi selanjutnya dapat mendapatkan akses informasi sejarah dan filosofi Masjid Tuo Kayu Jao.

Metode yang digunakan adalah 4-D (Four D Models). Metode ini mempunyai empat tahapan yaitu tahap Pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan studi literatur dengan metode analisis data 5W+1H, yaitu what (apa), who (siapa), when (kapan), where (dimana), why (kenapa) dan how (bagaimana). perancangan media utama didukung media lainnya sebagai penunjang penyebaran informasi, seperti kalender meja, notebook, poster, sosial media account (Instagram), stiker, totebag, dan t-shirt.

 

Kata Kunci: Motion Graphic, Masjid, Cagar Budaya, Budaya, Minangkabau


Article Metrics

 Abstract Views : 122 times
 PDF Downloaded : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.