Abstract


Indonesia memiliki kekayaan yang berbeda setiap daerah. Setiap daerah memiliki perbedaan baik dari tradisi, kebiasaan-kebiasaan, tata bicara, dan bahasa. Salah satu perbedaan bahasa bisa kita lihat pada lagu daerahnya. Lagu-lagu daerah tersebut biasanya tercipta dari fakta-fakta yang terkait dari daerah-daerah setempat. Fakta-fakta tersebut diangkat dari muatan kedaeraan didalamnya. Muatan kedaerahan tersebut bisa berupa tata cara kehidupan dan perlaku masyarakat. Namun sayangnya anak-anak sekarang tidak tertarik terhadap lagu-lagu daerah yang ada. Kurangnya minat anak-anak serta media edukasi tentang lagu-lagu daerah menajdi faktor utama penulis membuat picture book lagu-lagu daerah Indonesia untuk anak-anak. Penulis memilih media picture book karena menari perhatian dan memudahkan anak-anak untuk belajar mengenai lagu-lagu daerah Indonesia. Metode perancangan yang dilakukan adalah metode glass box, metode berfikir secara rasional atau nyata dan membutuhkan proses yang rasional. Di samping itu, metode analisis data penulis menggunakan 5W+1H (What, Who, Why, When, Where, and How). Hasil dari perancangan “Picture Book Lagu-lagu Daerah Indonesia untuk Anak-anak” ini adalah buku gambar yang memberikan edukasi kepada anak-anak  agar  mereka tertarik mempelajari dan melestarikan lagu-lagu daerah Indonesia. Tidak hanya itu diharapkan anak-anak dapat mengerti bahwa setiap lagu-lagu memiliki muatan tersendiri didalamnya. Promosi picture book ini menggunakan media promosi.