Abstract


Berkomunikais secara langsung kerap menjadi hal yang menjebak bagi beberapa kalangan. Hal ini terjadi karena pada era pandemi banyak waktu individu hanya waktu yang lama didalam rumah dan berinteraksi dengan individu yang sama hal ini menyebabkan perilaku isolasi sosial pasca pandemi. Maka dari itu diperlukan media yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Tujuan dari Permainan kartu Perancangan “Ngomong Apa Ya?” ini agar dapat membangun komunikasi antar pemain. Teori yang digunakan dalam kartu gam ini adalah teori komunikasi, fase dewasa awal, desain komunikasi visual, warna, tipografi, ilustrasi, tata letak, dan permainan kartu. Dengan menggunakan analisis 5W+1H untuk memperoleh datadata yang didapat pada perancangan permainan kartu ini.

Permainan kartu desain “Ngomong Apa Ya?” sebagai media utama juga disertai dengan media pendukung seperti packaging, poster, stiker, hand sanitizer, tote bag, dan reusebale bottle.

 

Kata kunci: game, komunikasi, interaksi, pasca pandemi