Karakteristik Visual Inderapura Dalam Kemasan Rakik Lokan Usaha Bunda

Jhoda Febri Dana(1), Hendra Afriwan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/dekave.v12i1.116379

Full Text:    Language : In

Abstract


Desain kemasan yang dibuat ini bertujuan untuk menjadikan rakik lokan sebagai makanan khas dengan memberikan karakteristik visual yang ada di Inderapura. Rancangan ini dimulai dengan Perancangan bentuk kemasan dan identitas visual dari produk Rakik Lokan Usaha Bunda, dengan berpedoman pada prinsip-prinsip desain untuk mendapatkan hasil yang baik. Metode yang digunakan pada perancangan kemasan ini adalah metodeglass box, yang memiliki beberapatahap yaitu: 1) Persiapan: mencari masalah pada kemasan yang ada dan menentukan konsep desain yang dibuat. 2) Inkubasi: tahap mencari pemikiran untuk melahirkan ide-ide serta gagasan tentang bagaimana menciptakan kemasan. 3) Luminasi: tahap dimana membuat sketsa ide awal, analisis serta mengelompokan, meninjau, dan menelaah data yang telah ditentukan. 4) Verifikasi: telah melakukan proses desain dengan mengembangkan ide, lalu melakukan finishing serta mengevaluasi lagi. Untuk metode analisis data menggunakan SWOT (strenght, weakness, opportunity, threats) guna menganalisis masalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, dan mengurangi ancaman pada perusahaan.Perancangan akhir melalui uji sebanyak 2 tahap untuk menperoleh rancangan yang sesui dari sebelumnya, untuk tujuan agar karya dapat di terima masing-masing kalangan. Media utama kemasan ini terdiri dari kemasan primer (oil paper) berhubungan langsung dengan makanan dan pada kemasan sekunder (kemasan tabung) guna mempromosikan sekaligus membungkus kemasan primer. Untuk keperluan promosi diperlukan media lainnya seperti poster, piring keramik, paper bag, stiker, gantungan kunci, dan t-shirt. 

Article Metrics

 Abstract Views : 119 times
 PDF Downloaded : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.