Abstract


Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran alternatif bagi siswa SMPN 1 Luhak Nan Duo untuk pembelajaran tenses dalam bahasa Inggris. Permasalahan awal yang ditemui adalah masih belum efektifnya media pembelajaran tenses konvensional yang umum digunakan di SMPN 1 Luhak Nan Duo. Masalah lain yang ditemui adalah bagaimana caranya merancang alat pembelajaran tenses yang efektif dalam format media interaktif.

Untuk menemukan solusi dari masalah-masalah tersebut, digunakan metode 4D yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Metode ini diawali dengan mendefinisikan masalah melalui pengolahan data, dilanjutkan dengan perancangan media, pengembangan rancangan awal, hingga tahap penyebaran.

Pada perancangan ini akan menghasilkan sebuah media interaktif sebagai alat pembelajaran tenses yang berisi penjelasan konsep tenses dan kuis interaktif. Selain itu, dirancang juga beberapa media pendukung seperti: poster, notebook, pembatas buku, roll banner, totebag, stiker, dan pin button.

Kata kunci: Tenses, Media Interaktif, 4D, Sekolah Menengah Pertama