Abstract
Perkembangan kebutuhan publik untuk penginapan seperti hotel Daima yang membutuhkan petunjuk arah. Agar memudahkan pengunjung hotel dalam menelusuri setiap bagian dari tempat tersebut. Permasalahan mendasar yaitu sign system di hotel Daima belum optimal, kemudian beberapa dari sign system yang ada sudah mulai rusak. Perancangan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang informatif, komunikatif, optimal serta mudah dipahami oleh pengunjung. Metodologi perancangan sign system Hotel Daima menggunakan metode 4 D yaitu : tahap define (pendefenisian), design (perancangan), develop ( pengembangan), dan disseminate (penyebaran) agar dapat menjawab dan memecahkan permasalahan serta pengembangan ide kreatif perancangan. Kemudian analisis yang digunakan adalah 5W + 1H yaitu : what, who, why, where, when dan how. Hasil perancangan Redesign sign system Hotel Daima kota Padang sebagai media utama yaitu Identification sign system dengan material akrilik, information sign system dengan ukuran 150 cm x 200 cm, Directional sign system dengan ukuran 297 cm x 21 cm, Regulatory sign system dengan ukuran 9 cm x 21 cm. Media pendukung pada perancangan terdiri dari : Keycard, name card, door hanger, kop surat, dan alas kaki ( sandal).