Abstract


Covid-19 merupakan penyakit menular jenis baru yang menjadi permasalahan besar bagi setiap masyarakat diseluruh dunia saat ini, tak terkecuali di indonesia. Covid-19 sendiri merupakan keluarga besar dari penyakit yang juga sempat menjadi pandemi di dunia yaitu SARS dan MERS. Faktor penyebaran yang cepat menjadi kendala tersendiri bagi pihak-pihak yang menangani covid-19, seperti pola hidup yang tidak sehat menjadikan penyebaran covid-19 meningkat seiring berjalannya waktu. Dari permasalahan ini peneliti merancang sebuah aplikasi sederhana sebagai media pembelajaran berbasis android untuk membantu mengingatkan masyarakat dalam penanganan virus#Covid-19# melalui#pola# hidup#bersih# dan#sehat.Memakai tata cara 4D (Four D) yang dbesarkan oleh S.Thiagarajan Dorothy S.Semmel dan Melvyn I.Semmel, yang dimulai dengan pengumpulan informasi memakai tata cara Angket (Kusioner) dan Literature, dilanjutkan dengan Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), serta Disseminate (Penyebaran).Hasil perancangan kemudian di validasi kepada ahli media, rancangan dikembangkan sesuai saran dari validator. Hasil akhir perancangan berupa sebuah aplikasi edukasi/pembelajaran Covid-19 dengan 7 fitur utama. Fitur-fitur ini antara lain yaitu pengenalan covid-19, gejala covid-19, protokol kesehatan, cek resiko covid, cara mencuci tangan, olah raga rumah, dan cara menjaga daya tahan tubuh.