Abstract


Tujuan dilakukan penelitian di perkampungan adat Sijunjung adalah untuk menginventaris pola penataan ruang pada rumah gadang dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya pola penataan ruang serta mendeskripsikan prinsip desain dalam pola penataan ruang rumah gadang di perkampungan adat Jorong Padang Ranah kabupaten Sijunjung.


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan dengan cara pengamatan kelapangan, wawancara, dan pengumpulan dokumentasi. Untuk analisis dan pengumpulan data, dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data.


Hasil penelitian yang ditemukan pola penataan rumah gadang di kampung adat Jorong Padang Ranah Kabupaten Sijunjung adalah pola desa linier. Faktor yang mempengaruhi pola penataan rumah gadang tersusun rapi yang menghadap kejalan yaitu faktor sosial budaya, ekonomi dan faktor lingkungan alam. Sedangkan prinsip dan kaidah yang terkandung dalam penataan ruang rumah gadang di kampung adat jorong padang ranah mengunakan prinsip kesatuan, keharmonisan, keselarasan, keseimbangan dan irama.


Kata Kunci : Pola, Desa, Susunan, Tata Ruang, Rumah Gadang, Minangkabau