Cover Image

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASS ROOM PADA MATA KULIAH EVALUASI PROGRAM

Fahmi Rizal, Ambiyar Ambiyar, Unung Verawardina, Arina Luthfini Lubis

Abstract


Kualitas pendidikan merupakan salah satu indikator kemajuan suatu negara. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan pemahaman siswa dan kualitas hasil belajar bagi siswa. Pembelajaran online menjadi salah satu penyebab menurunnya hasil belajar siswa. Diskusi siswa di kelas belum terlalu aktif karena belum memahami isi materi. Penelitian ini dilaksanakan di Mata Kuliah Evaluasi Program Fakultas Teknik.  Sampel penelitian yang digunakan 60 responden yang terbagi menjadi 2 kelas. Jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan analisis jalur. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan flip-flop membuat pertemuan kelas menjadi lebih produktif dan bermakna.   Siswa dapat menguasai materi dengan kecepatan mereka sendiri, fleksibel namun bertanggung jawab, dan memiliki kebebasan untuk belajar secara mendalam, berdasarkan pengumpulan data di dalam kelas dan proyek yang sedang berlangsung di luar kelas. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelas flipedd clasroom yang terintegrasi dengan 4C (berpikir kritis, kreativitas, komunikasi dan kolaborasi) berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Secara keseluruhan, temuan menunjukkan bahwa pembelajaran dari penilaian kurikulum dapat digunakan dengan model flipped classroom sebagai strategi yang efektif untuk memaksimalkan tanggung jawab siswa dalam mengeksplorasi materi pembelajaran, berlatih untuk tetap termotivasi dan tertarik untuk menghasilkan proyek yang maksimal.

Keywords


Flipped classroom, efektifitas, 4C, model pembelajaran, evaluasi program.

Full Text:

PDF

References


National Education Association. (2015). Preparing 21st century students for a globalsociety: an educator’s guide to the “fourcs.”. Diakses 22 Februari 2022 dari http://www.nea.org/assets /docs/A-Guide- to-FourCs.pdf.Riduwa

Kemendikbud. (2013). Permendikbud nomor 81A tahun 2013 tentang implementasi kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Tutal, Özgür; Yazar, Taha. 2021. Flipped Classroom Improves Academic Achievement, Learning Retention and Attitude towards Course: A Meta-Analysis. Asia Pacific Education Review, v22 n4 p655-673 Dec 2021.

Ferriz-Valero, Alberto; Østerlie, Ove; García-Martínez, Salvador; Baena-Morales, Salvador. 2022. Flipped Classroom: A Good Way for Lower Secondary Physical Education Students to Learn Volleyball. Education Sciences,

Hsia, Lu-Ho; Hwang, Gwo-Jen; Lin, Chi-Jen.2022. A WSQ-Based Flipped Learning Approach to Improving Students' Dance Performance through Reflection and Effort Promotion Interactive Learning Environments

Mujid, & Arif Saputra, M. E., ̳Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika Terhadap Pemahaman Konsep‘, Jurnal Matematika,Vol.1 No.2 (2018),h.173.

Rahma Diani, Orin Neta Julia and Murih Rahayu, ̳Efektivitas Model RMS (Reading, Mind Mapping And Sharing) Terhadap Concept Mapping Skill Peserta Didik‘, Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, Vol.1 No 1 (2018), h. 42

Bergmann, Jonathan dan Aaron Sams. 2012, Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. USA: Courtney Burkholder

Aparna Vinay.2020. Action Research In Education: Effectiveness Of Flipped Classroom On Academic Performance Of Students. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED607521.pdf

Hew, Khe Foon; Bai, Shurui; Huang, Weijiao; Dawson, Phillip; Du, Jiahui; Huang, Guoyuhui; Jia, Chengyuan; Thankrit, Khongjan. 2021. On the Use of Flipped Classroom across Various Disciplines: Insights from a Second-Order Meta-Analysis. Australasian Journal of Educational Technology.

Ida Rindaningsih. 2018. Efektifitas Model Flipped Classroom dalam Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Prodi S1 PGMI UMSIDA Proceedings of The ICECRS, Volume 1 No 3. DOI: 10.21070/picecrs.v1i3.1380

Gökçe Akçayır; Murat Akçayır. 2021. The flipped classroom: A review of its advantages and challenges. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.07.021

Schallert, Stefanie; Lavicza, Zsolt; Vandervieren, Ellen.2022. Towards Inquiry-Based Flipped Classroom Scenarios: A Design Heuristic and Principles for Lesson Planning. International Journal of Science and Mathematics Education,

Weiß, Lars-Frederik; Friege, Gunnar.2021. The Flipped Classroom: Media Hype or Empirically Based Effectiveness? Problems of Education in the 21st Century.

Cho, Hyun Jin; Zhao, Kejie; Lee, Cho Rong; Runshe, Debra; Krousgrill, Chuck. 2021. Active Learning through Flipped Classroom in Mechanical Engineering: Improving Students' Perception of Learning and Performance. International Journal of STEM Education.

Dong Yi. 2019. Construction of Multi-evaluation System of Practical Tourism Korean Flip Classroom Teaching Based on CIPP. doi:10.1088/1742-6596/1325/1/012062

Aguilera-Ruiz, Cristian; Manzano-León, Ana; Martínez-Moreno, Inés; Lozano-Segura, Mdel Carmen; Casiano Yanicelli, Carla. 2017. El Modelo Flipped Classroom. International Journal of Developmental and Educational Psychology

Chiang, Y. H., & Wang, H-C. (2015). Effects of the in-flipped classroom on the learning environment of database engineering. International Journal of Engineering Education, 31(2), 454-460.

Bernard, J. (2015) The Flipped Classroom: Fertile Ground for Nursing Education Research. International Journal of Nursing Education Scholarship, Vol. 12 (Issue 1), pp. 99-109. https://doi.org/10.1515/ijnes-2015-0005

Jdaitawi, Malek. 2019. The Effect of Flipped Classroom Strategy on Students Learning Outcomes. International Journal of Instruction, v12 n3 p665-680 Jul 2019




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v9i2.117970

Copyright (c) 2022 Fahmi Rizal, Ambiyar Ambiyar, Unung Verawardina, Arina Luthfini Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.